4 Teknik Untuk Meningkatkan Produktifitas di Pekerjaanmu!

4 Teknik Untuk Meningkatkan Produktifitas di Pekerjaanmu!

Metode ini bisa kamu lakukan untuk menentukan prioritas, mengatur jadwal agar efektif, dan fokus untuk menyelesaikan task.

source : unsplash.com

Dalam pekerjaan kita sehari-hari saya yakin tentunya banyak tugas harian atau deadline yang harus kita selesaikan. Masalah deadline, jadwal meeting, tugas tambahan dan lain-lain tentunya bikin kita kadang jadi burn out atau bingung harus mengerjakan apa terlebih dahulu.

Alih-alih kita merasa kita sibuk, sebenarnya kita malah sedang tidak mengerjakan apapun atau tidak ada satupun task yang bisa kita selesaikan hari itu. Kamu pernah mengalami hal yang demikian? kalau saya sih sering hehe.

Agar tetap bisa menjaga ritme produktifitas, kadang saya mencoba mencari tahu kebutuhan yang bisa mendukung saya seperti apa. Hingga sekarang yang paling cocok tetap dengan menggunakan list simpel harian tapi tetap dengan tulis tangan. Entah kenapa kalau tuisan tangan itu lebih berasa feelnya. Apalagi setelah task selesai saya tinggal coret dan itu membuat rasa puas aja.

Saya juga selalu membuat list dengan maksimal 5 prioritas utama yang harus selesai dalam hari itu. Kalaupun sedang banyak kerjaan, saya hanya akan menambahkan setidaknya 1 atau 2 list saja.

Biar lebih gampang saya biasanya menggunakan Today List dari Labpy sih. Labpy menyediakan list harian denga desain yang sangat oke dan ditambah stiker-stiker jadi kek bisa berkreatifitas sekalian juga. Contohnya seperti gambar di bawah!. Kalau kamu mau pesan juga bisa langsung DM ke Instargamnya @labpy ya!

4 Metode Untuk Meningkatkan Produktifitas

source : unsplash.com

Lanjut mengenai produktifitas, saya yakin kita semua punya cara sendiri agar tetap produktif dalam melakukan pekerjaan. Nah berikut ada 4 metode untuk meningkatkan produktifitas kamu. Let’s Go!

Teknik Pomodoro

Teknik ini sebenarnya sangat populer dan familiar sih sejauh ini yang saya tahu. Ini adalah metode untuk membantu menyelesaikan pekerjaan untuk yang sering terdistraksi sama ponselnya.

source : medium.com

Prinsip dasarnya adalah menentukan waktu atau chunk untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Selama waktu tersebut kita hanya fokus untuk menyelesaikan 1 pekerjaan saja.

Kalau untuk aplikasi yang pendekatannya sama dengan Pomodoro ini salah satunya adalah Forest. Di aplikasi ini kita bisa men-setting akan berkomitmen dalam jangka waktu berapa lama setelah itu kita bisa mengambil istirahat. Aplikasi khusus yang memang diberi nama Pomodoronya juga ada sih. kalau di Mac ada Be Focused.

Prinsip Pareto

Salah satu konsep yang dikembangkan oleh seorang ahli ekonomi Vilfredo Pareto adalah prinsip pareto atau orang juga sering menyebutnya dengan prinsip 80/20.

Dalam Prinsip ini, menyatakan bahwa 80% dari hasil yang kita dapat adalah 20% dari apa yang kita lakukan. Salah satu contohnya menurut saya adalah 80% penjualan dihasilkan dari 20% Pelanggan saja.

source : ovicia.com

Dengan prinsip pareto, kita harus mencari tahu kegiatan apa yang kita lakukan hanya 20% dan mendapatkan 80% hasil. Kadang, secara tidak sadar kita terjebak dalam 80% pekerjaan yang hanya menghasilkan 20% result.

Agar metode ini efektif, maka kita harus belajar untuk menilai dan mengevaluasi pekerjaan kita. Pekerjaan mana saja yang harus dilakukan dan memberikan hasil terbaik untuk kita. Kamu bisa mencatatnya dan fokus melakukan pekerjaan yang kamu tentukan. Saya yakin kamu akan merasakan perbedaannya.

Time Blocking

Time blocking adalah salah satu metode yang cukup simple dengan cara membuat blok-blok waktu tertentu yang kamu jadwalkan untuk menuntaskan suatu pekerjaan.

Metode ini bisa kamu lakukan dengan membuat list pekerjaan yang sejenis dan memasukkannya ke dalam grup yang sama, lalu jadwalkan untuk masing-masing blok tadi ke dalam tugas harian kamu.

source : todoist

Eishenhower Matrix

Metode terakhir adalah Eishenhower Matrix dimana kamu bisa menggunakan cara pengambilan keputusan. Misalnya kamu harus mengerjakan a dulu atau b dulu. kamu bisa membagi pekerjaanmu dalam beberapa tabel seperti di bawah ini :

source : luxafor.com

Empat kategori di atas bisa kamu lakukan dengan mempertimbangkan pekerjaan yang masuk ke dalam tabel urgent dan important. Tentu saja metode ini bisa memangkas waktumu dalam melakukan pekerjaan.

Bagaimana? apakah kamu siap untuk mulai produktif? itulah tadi 4 metode untuk meningkatkan produktifitas. Menurut saya untuk sesuatu hal yang baik kamu harus mulai hari ini.

Sekian dulu postigan kali ini, daya membuat postingan ini juga sebagai media pengingat diri agar bisa selalu menjadi lebih baik lagi. Jika kamu merasa postingan ini bermanfaat yuk share ke teman-temanmu!. Jika kamu memiliki pertanyaan atau pengalaman seputar cara untuk produktif kamu bisa komen di bawah!

See ya!

This Post Has One Comment

  1. fivit

    keren banget ini Bang, aku manajemen pekerjaan diri masih acak adut, ga ada target ga ada planning wkwkwkw, mengalir gitu aja, makasi sharingnya..

Leave a Reply