5 Tips Untuk Mengembangkan Bisnismu

5 Tips Untuk Mengembangkan Bisnismu

Mengembangkan bisnis adalah hal yang harus dilakukan secara terus menerus. Walaupun dalam masa pandemi seperti sekarang tentu saja kita ditunut untuk lebih kreatif dan harus mempertahankan bisnis kita.

Kemarin, ketika saya baca-baca blog lama saya hairilhabibi.com, saya menemukan salah satu postingan yang ternyata dulu pernah saya tulis dengan tema bisnis. Semoga ini bisa menjadi pengingat untuk saya dan bermafaat untuk kamu juga yang sedang membaca postingan ini, yuk simak!

5 Tips Untuk Mengembangkan Bisnismu

“Entrepreneur adalah orang yang melompat dari dari ketinggian dan membentuk parasutnya selama melayang diudara” – Anonim

Tips Mengembangkan Bisnismu

Pepatah ini terus menempel di kepala saya jika pembahasannya adalah entrepreneur. Saya juga yakin kamu pasti setuju dengan pepatah diatas karena menjadi entrepreneur dibuthhkan keberanian dan tidak semua orang akan berani melakukan sesuatu langkah seperti terjun ke bisnis.

Kita juga sama-sama memaklumi bahwa semakin hari persaingan akan semakin keras di dunia bisnis. Tentunya harus selalu siap mengatur langkah agar tetap bisa bertahan dalam segala kondisi termasuk salah satunya di masa Pandemi seperti sekarang ini. Jangankan perusahaan kecil, perusahaan besar saja sudah mulai kewalahan untuk mengatur strategi bertahan.

Tidak usah berlama-lama lagi ini dia Tipsnya!

Tetap Fokus

Tetap fokus adalah salah satu hal yang susah-susah gampang. Kadang dalam keadaan terdesak kita menjadi sedikit kurang sbar padahal itu termasuk ke salah satu ujian ketika membangun bisnis. Untuk menumbuhkan bisnis kita butuh waktu, bukan dalam hitungan hari dia akan langsung menjadi besar. Bisnis butuh proses. Jika kamu kadang merasa terlalu tertekan gak ada salahnya sih untuk mundur sejenak beristirahat sambil mmeikirkan solusi, langkah-langkah, dan tahap selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk bisnismu. Agar lebih mudah, biasanya saya mencatat beberapa poin yang perlu saya capai tahun ini, setidkanya ini bisa mengembalikan semangat dan fokus.

Mengakuisisi Customer Baru

Mengakuisisi Customer Baru

Jika kamu merasa growth yang kamu dapatkan dari bisnis masih segitu-segitu aja, mungkin kamu bisa memeriksa customer atau pemesanan yang datangnya darimana saja. Bisa jadi pemesannya hanya orang-orang dekatmu saja, dan tentunya bisa membuat perkembangan bisnismu jalan ditempat.

Selain tetap menjaga hubungan dengan Customer sekarang, tidak ada salahnya kamu mulai mencoba menawarkan produkmu pada customer dengan beberapa cara berikut ini :

  • Memberikan Tester

memberikan tester adalah salah satu cara yang cukup manjur karena terkadang, calon customer sedikit malu untuk datang dan mencoba langsung. Sesekali kamu bisa menghampiri mereka, hitung-hitung bersilahturahmi kan.

  • Membuat Promo Khusus

kamu bisa memberikan promo khusus untuk pelanggan lama yang mungkin sudah jarang membeli produkmu. Bisa jadi mereka sedikit lupa atau belum sempat untuk memesan kembali padamu. Jadi tetap jaga hubungan dengan membuat promo khusus untuk mereka!

  • Bekerjasama Dalam Suatu Event

bekerjasama dengan merk atau brand lainnya pada sebuah event juga bisa menjadi cara lainnya yang bisa kamu lakukan. Mungkin di masa pandemi seperti sekarang ini, agak terlalu beresiko mmebuat atau mendatangi event-event tapi kamu bisa mencoba untuk menjadi Sponsor atau memberikan hadiah-hadiah seperti giveaway untuk mendekatkan diri lagi ke customer-customer kamu.

  • Beriklan

Dalam pengembangan bisnismu beriklan tentunya sangat penting, semakin banyak orang yang tahu mengenai bisnis kamu tentunya semakin banyak calon customermu. Beriklan bisa kamu lakukan dengan dua cara, yaitu secara offline atau online. Dua-duanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing. Kalau saya sendiri biasanya lebih senang dengan iklan online karena bisa terukur dengan baik baik alokasi dananya dan juga target marketnya.

Menambah Rekanan Dan Kerjasama

kerjasama atau rekanan ini bisa menjadi slah satu proses saling menguntungkan juga. kamu bisa bekerjasama dengan kantor-kantor untuk menyediakan snack meeting mereka. atau kamu bisa menitipkan barang-barangmu pada toko-toko yang maih dalam satu tema usaha dengan kamu.

Ikuti Trend

menjadi seorang pebisnis kamu sangat perlu untuk mengikuti trend terkini di industrimu. Jika kamu selalu “up to date” di industri bisnismu kamu bisa langsung melakukan penyesuaian atau improvement pada bisnis kamu.

Promo Secara Konsisten

Promo secara konsisten juga bisa menjadi salah satu pendorong bisnismu. Kamu bisa memberikan manfaat yang lebih besar pada Customermu dan tetap konsisten untuk memberi promo ya!

Nah itu dulu deh 5 tips untuk mengembangkan bisnismu. Jika kamu punya tambahan atau saran kamu bisa komen langsung ya!. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya!

This Post Has 24 Comments

  1. Cicajoli

    Dari 5 diatas, aku paling tertarik yang Mengakuisisi Customer Baru sih bang. Secara kita makin punya wawasan dengan karakter customer, gitu 🙂

    1. hairil

      nah iya caa.. kalau di marketing itu namanya customer behavior :3

  2. Mechta

    Naah..pas banget nih nemu tips mengembangkan bisnis yg ok begini. Kebetulan ada kerabat yg butuh. Trmksh sharingnya, Kak..

    1. hairil

      siap mbak silahkan di share hhi. semoga bermanfaat ya mbak

  3. ResiCute

    Jangan lupa juga untuk konsisten menjaga mutu ya ka biae jadi identiknya

    1. hairil

      iya mbak bener banget harus konsisten sih

  4. Mugniar

    “Entrepreneur adalah orang yang melompat dari dari ketinggian dan membentuk parasutnya selama melayang diudara” – Anonim .. nah benar banget ini ya analoginya.

    Tips terakhir … membuktikan bahwa konsistensi memang penting.

    1. hairil

      bener mbak konsisten ini adalah hal yang wajib dilakukan

  5. Bo ghaisan

    Fokus, konsisten, bener bener wajib bgt biar kita sukses, mkch lho tips nya, setuju bgt, aku akan jalankan ini semua, doain ya usaha jualan dismsum ku lancar..

  6. Iya ya tips nya keren semuanya. Terutama yang kerjasama dengan brand lain dalam satu event. Bisa saling meringankan biaya operasional untuk pameran juga kan

  7. Nova

    Salah satu keinginan yang belum tercapai yaitu punya bisnis sendiri. Tapi minim bgt ilmu. Untung ada ini, thankyou artikelnya ka

  8. Pebisnis itu memang harus ketahui kesukaan dan kebiasaan orang-orang. Dengan begitu bisnis bisa langgeng.

  9. Melina Sekarsari

    Aku pernah merasa melambung banget waktu dihubungi salah satu penyedia jasa, ditanyai kabarnya, terus ditawari promonya mereka. Menanyakan kabar pelanggan lama tuh memang efektif menurutku. Bagaimanapun ya, konsumen tuh suka loh dimanjakan. Kayak aku ini.

    Setuju banget! Pelaku usaha kudu melek mata dan berani mengikuti trend terkini. Dunia kan terus berkembang juga, ya.

  10. fivit

    satu lagi join komunitas yang bisa mensupport kita supaya lebih baik lagi, yang punya kegiatan berkala mencerdaskan membernya, artinya bertumbuh bersama, dan sharing ilmu bareng, contohnya TDA Pekanbaru. Jadi kita bisa melihat bisnis kita dari perspektif pebisnis lain maupun sebaliknya ya. Sukese ya Bang disana dengan bisnisnya 😉

  11. Beriklan yang belum aku lakukan Kak. Soalnya belum ada pengalaman nih, jadi masih menimbang-nimbang produk mana yang mau diiklanin

  12. Putri salsabila

    Keren nih kak, Tapi terkadang yang paling sulit itu point ‘Tetap Fokus’ karena kebanyakan orang sepi dikit gak mau usaha lagi

  13. nah emang kalau fokus ni aku butuh kali bang, waaaaaahhh kudu serius melatih fokus

  14. Melati Octavia

    Wah bermanfaat banget nih ilmunya, jadi semangat bikin bisnis yey

  15. Larasati Neisia

    Whuaa berguna banget tipsnya buat aku yang mau memulai usaha kuliner. Yang terpenting tetep konsisten dan semangat nggak boleh goyah sih. Thanks kak.

  16. lendyagasshi

    Enterpreneur harus adaptif yaa..
    bergerak dengan cepat memandang segala peluang yang ada.
    Kereen~

  17. Ananda Nazief

    Baik dalam bisnis maupun mencari Josh yg tepat, harus consistent. Ya semoga gabinpe comeback lagi lah…gitu Kira- Kira…

  18. Helena Magdalena

    Thankyou sharingnya..kbtln aku jg lg mulai usaha jualan produk skincare…fokus dan konsisten itu penting bgt emg

  19. Ima satrianto

    Seneng banget diingatkan beberapa hal untuk bisa menjaga bisnis tetap hidup. Bagi saya, konsisten menjalankan bisnis adalah utama. Semoga selalu dimudahkan. aamiin.

  20. Milda Ini

    Mantap nih tips, terimakasih sudah diingatkan bermanfaat sekali buat diterapkan di bisnis nytaa

Leave a Reply