Green Jobs, dan Bagaimana Peluangnya Bagi Entrepreneur di Indonesia?

Green Jobs, dan Bagaimana Peluangnya Bagi Entrepreneur di Indonesia?

Green Jobs – Telinga saya terasa asing ketika mendengar kata asing ini. Jujur baru kali ini saya mendengar istilah Green Jobs ketika menyimak Diskusi di webinar yang diadakan oleh Coaction.id bersama Komunitas Social Blogpreneur (ISB). Jika di bahasa Indonesiakan, Pengertian Green Jobs adalah istilah yang diberikan ILO (International Labour Organization) untuk penyebutan bidang pekerjaan yang bergerak dalam pembangunan berkelanjutan atau terbarukan.

Bidang ini tentunya diperuntukkan untuk orang-orang yang sudah sangat sadar dengan lingkungan dan biasanya yang bergerak di bidang ini memahami perlu adanya upaya bersama dalam pengendalian kerusakan alam tapi tetap dengan melihat peluang yang ada didalamnya. Beberapa sektor yang masuk kedalamnya yaitu sektor manufaktur, kontruksi, energi ramah lingkungan, dan efisiensi energi.

Sektor-sektor di atas menurut saya juga sangat jarang terdengar ke telinga kita karena memang sangat jarang sekali yang terjun di bidang tersebut. Tapi apakah kamu tahu bahwa bidang-bidang tersebut sedang mempersipakan diri sebagai peluang bisnis masa depan?

Green Jobs, dan Peluangnya Bagi Entrepreneur di Indonesia

Pengertian Green Jobs

Dengan semakin banyaknya entrepreneur-entrepreneur muda, tentunya banyak bisnis saat ini yang memiliki spesifikasi berbeda atau masuk ke ceruk pasar yang lebih sempit untuk mendapatkan customer. Ada beberapa prinsip yang saya dapati dari model bisnis anak muda jaman sekarang yaitu “tidak apa-apa pelanggan hanya 1000 orang, tapi mereka adalah pelanggan yang akan loyal dengan produk yang di hasilkan”. Tentunya dari kalimat ini kita bisa menyimpulkan bahwa persaingan bisnis semakin berat dan beberapa berpikir strategi yang harus dilakukan bukan hanya mendapatkan pelangan tapi membuat bagaimana pelanggan bisa loyal dengan bisnis mereka.

Ini juga merupakan dampak dari kemudahan akses internet di negara kita yang menurut data yang saya baca penggunannya sudah mencapai puluhan juta user dan terus bertambah setiap tahunnya. Akses internet ini memberi banyak peluang orang-orang untuk mengembangkan ide bisnisnya. Di sisi lain, banyak bisnis-bisnis yang hadir yang mungkin sebelumnya tidka pernah terpikirkan oleh kita. Sebut saja bisnis Startup yang sekarang sangat menjamur saat ini, hampir setiap anak muda yang saya temui bercita-cita bisa bekerja di salah satu Startup. Sama hal nya dengan Green Jobs yang sedang kita bahas ini.

Menurut saya pribadi, Green Jobs ini membuka peluang baru untuk sektor-sektor yang mungkin sebelumnya masih jarang terdengar atau diminati. Selain itu dampak dari Covid-19 yang menjadi pandemi diseluruh dunia juga membuat beberapa pekerjaan atau bidang industri tidak bisa bertahan dan melahirkan ide bisnis lainnnya. Salah Satunya sektor Green Jobs.

Sebelum kita menjelajah lebih jauh saya ingin menjelaskan sedikit mengenai Green Jobs ini yang saya kutip dari Coaction.id dan sempat saya mention sebelumnya di awal paragraf :

green jobs merupakan jenis pekerjaan yang layak dan ramah lingkungan. Menurut International Labour Organization (ILO), green jobs menjadi lambang dari perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan mampu melestarikan lingkungan, baik untuk generasi sekarang maupun untuk generasi yang akan datang. Jenis pekerjaan ini berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. Green Jobs dilatarbelakangi oleh kualitas lingkungan semakin menurun, termasuk berkurangnya sumber daya alam dan tentunya ini menjadi permasalahan serius bagi perekonomian di masa mendatang.”

Coaction.id juga menyebutkan bahwa Green Jobs merupakan peluang bisnis paling menjanjikan di abad ke-21 dan merupakan langkah bisnis yang cerdas dan pro lingkungan dengan potensi perkembangan bisnis yaitu senilai USD 1.370 miliar pada tahun 2020 kemarin.

Bayangkan potensi bisnis yang sangat besar ini tentunya membawa angin segar untuk kita semua yang sedang mempertimbangkan untuk terjun ke bidang bisnis berbeda dan memiliki dampak baik untuk lingkungan.

Green Jobs juga memiliki banyak manfaat dari sisi pebisnis, Orang lain atau masyarakat, dan lingkungan. Beberapa manfaat yang bisa dihadirkan oleh Green Jobs adalah sebagai berikut :

  • memulihkan lingkungan atau ekosistem
  • membantu meminimalisir limbah dan polusi
  • meningkatkan efisiensi bahan baku
  • mendukung adaptasi dalam perubahan iklim

Selain beberapa di atas ini, tentunya masih banyak lagi manfaat yang bisa dihadirkan dengan Green Jobs ini seperti membuka lapangan pekerjaan baru, menumbuhkan perekonomian, dan menjaga keberlanjutan kehidupan.

Catatan penting lainnya yang saya dapatkan adalah kontribusi pada beberpaa sektor yang salah satunya sektor energi seperti Hydropower, Solar Photovoltaics, BIo Energy, Wind Energy, dan Solar Heating/Cooling ternyata mempekerjakan setidaknya 11,5 jutaan orang, selain itu, secara keseluruhan, 3,1 juta pekerjaan PV Surya atau 83% secara Global berada di Asia. Hal ini menjadi menarik karena ternyata peluang Green Jobs ini sudah menjadi bagian kita di benua Asia sejauh ini.

Pertanyaan selanjutnya adalah peluang apa yang bisa di tangkap lagi dari Green Jobs ini selain dari sektor energi? nah info ini yang ingin saya bagikan pada kamu semua di postingan ini.

Memang benar jika kita terjun ke Green Jobs dalam sektor industri tentu saja ini menjadi sangat tidak masuk akal dikarenakan sketor energi membutuhkan modal yang pastinya sangat besar. Tapi dalam perkembangannya kamu bisa melakukan beberapa bisnis Green Jobs di bawah ini.

Eco Fashion Designer

Untuk kamu yang bergerak di bidang fashion, kamu bisa mengembangkan pakaian yang ramah lingkungan, atau menghadirkan bahan-bahan yang terbuat dari alam dan tersedia cukup banyak di alam.

Energy Startup

Kamu juga bisa mengembangkan perusahaan rintisan dalam pengelolaan Energy. Seperti atap panel surya atau sepeda listrik yang di sewakan.

Otomotif

Untuk yang satu ini yang pertama kali terlintas di pikiran saya adalah Sosok Elon Musk dengan Teslanya. Kendaraan listrik adalah solusi masa depan dan perusahaan otomotif juga sedang berlomba-lomba untuk mempersiapkannya.

Waste Management

Kamu juga bisa mencoba bisnis yang bergerak dalam pengelolaan limbah. Lini bisnis satu ini menurut saya sangat dibutuhkan sekarang dan pastinya kaan terus bertambah di masa depan.

Organic Foodpreneur

Untuk kamu yang ingin terjun ke bidang kuliner kamu juga bisa memulai usaha di bidang organic food. Saya juga beberapa kali menemukan usaha dengan konsep seperti ini. Selain itu, Jenis usaha ini juga tidak terlalu sulit dalam pengembangannya.

Furniture

Kamu bisa memulai bisnis Furniture daur ulang yang menurut saya masih sangat jarang di jumpai saat ini. kamu bisa memanfaatkan beberpaa barang seperti plastik dalam pembuatan furniture.

Itulah sedikit banyaknya Gambaran yang saya dapatkan mengenai Green Jobs ini. Pastinya di uar sana banyak info seputar Green Jobs yang bisa kamu searching dan dalami. Menurut saya peluang bisnis yang dihadirkan Green Jobs ini sangat banyak dan besar potensinya bagi Indonesia. Terlebih kita memiliki 270 juta jiwa yang menjadikan Indonesia sebagai pasar yang cukup menarik.

Leave a Reply