You are currently viewing Catatan Menjelang Akhir Tahun, Melangkah Untuk Lebih Baik!

Catatan Menjelang Akhir Tahun, Melangkah Untuk Lebih Baik!

Catatan menjelang akhir tahun, melangkah untuk lebih baik – Tidak terasa kita sudah memasuki akhir tahun. Padahal baru kemarin rasanya mempersiapkan tahun 2020. Walaupun tahun ini banyak gonjang ganjing, tapi saya berharap kita semua tetap bersemangat dan bisa melewati tahun ini dengan baik!.

Tahun ini memang tahun yang diluar ekspektasi semua orang dimana sampai sekarangpun kita masih dalam menghadapi pandemic covid-19 yang terjadi diseluruh dunia. Awalnya kita bisa bebas kemana-mana, sekarang sudah hampir bosan rasanya dirumah aja. Beberapa aktifitas seperti bekerja dan sekolah juga di pindah ke rumah. Menurut data terakhir, covid-19 sudah terjadi hingga 62,3 juta kasus dengna korban meninggal 1,45 juta di seluruh dunia. Saya cukup ngerih membayangkannya dan pastinya kita semua berharap pandemic ini berakhir sesegera mungkin. pelajaran yang saya bisa ambil dari pandemic ini adalah masa depan bergerak sangat dinamis dan tentu saja kita wajib untuk mempersiapkan diri.

Bersama Melangkah Untuk Lebih Baik!

Seperti biasa, saya banyak melakukan evaluasi dan refleksi mengenai kehidupan saya. Mulai dari target-target di tahun 2021, keluarga, dan keuangan. Apalagi tahun ini saya mendapatkan tantangan baru untuk memulai pekerjaan di kota yang baru. tentunya ini menjadi salah satu  pendorong saya untuk berbuat lebih baik tahun ini.

Saya juga menyadari ada beberapa hal yang harus di rencanakan ulang agar ditahun depan bisa lebih baik lagi. Merapikan rencana-rencana ini yang sedang saya lakukan dengan mengurutkan beberapa prioritas yang menurut saya harus di lakukan tahun depan.

Rencana-rencana yang sudah di susun dan disiapkan ini tentu saja butuh eksekusi yang cukup baik, kalau saya biasanya menggunakan Metode S.M.A.R.T agar rencana dan implementasinya bisa berjalan dengan baik dan sesuai ekspektasi. Atau setidaknya tidak terlalu jauh dari target awal yang telah dirancang.

Metode S.M.A.R.T ini menurut saya adalah metode yang pendekatannya cocok dengan saya. Metode ini kita bisa memprediksi dan mengukur progress sesuai dengan goal kita. Metode ini juga membantu kita membuat capaian yang step by step sih.

S.M.A.R.T ini adalah singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, relevant, dan Timebound, dimana kamu harus membuat target yang spesifik, terukur, dapat dicapai, sesuai dan punya batas waktu. Kamu bisa cek gambar di bawah ini untuk melihat lebih jelas mengenai metode S.M.A.R.T ini.

Metode S.M.A.R.T resource google.com

Rencana Tahun Depan

Ngomong-ngomong mengenai rencana tahun depan, kalau saya sendiri sebenarnya hanya melanjutkan planning-planning yang sudah di rencanakan di tahun sekarang. Saya biasanya hanya mengevaluasi apa-apa saja yang belum sempat saya selesaikan, Karena menurut saya sendiri daripada kita selalu membuat rencana baru, lebih baik kita fokus dengan beberapa rencana dan di progres setiap tahunnya. Jika ada rencana yang memang tidak sesuai lagi, nah baru kita mulai untuk melakukan perubahan rencana.

Beberapa rencana saya di tahun 2021 adalah sebagai berikut :

Menjadi lebih baik di bidang Digital Marketing

Tahun ini menjadi salah satu tahun yang menantang buat saya, kenapa? Karena saya mendapatkan kesempatan untuk belajar sambil mempraktekkan ilmu, kemampuan, dan minat saya di dunia digital. Di awal tahun saya bergabung dengan salah satu perusahaan web hosting terbaik di Indonesia sebagai Social Media Specialist. Setelah itu saya mendapat penawaran sebagai Content Development & Strategies disalah satu brand Franchise dimana, di dua perusahaan ini saya belajar sangat banyak. Di quarter kedua tahun ini alhamdulilahnya lagi saya mendapatkan penawaran selanjutnya sebagai Digital Marketing Specialist di salah satu perusahaan furniture dengan pasar global.

Bersyukur, bidang yang saya geluti sekarang adalah bidang yang memang saya minati dari dulu yang membuat saya lebih bersemangat untuk mendalaminya. Harapan ke depannya saya bisa mengimplementasikan keilmuan saya dengan mendalam, melangkah Bersama untuk lebih baik dan membantu perusahaan saya terus berkembang lebih hebat lagi dari sekarang. Saya juga merencanakan untuk mengambil lebih banyak kelas akhir-akhir ini untuk mempersiapkan diri ditahun depan. Apalagi ditambah tahun ini, sejak pandemic banyak sekali gaya hidup kita yang berubah dan menurut saya ini akan menjadi peluang yang sangat baik untuk bidang digital yang saya geluti sekarang.

Menjalankan Labpy

Di tahun ini, saya Bersama partner pengembangan bisnis kecil-kecilan saya yang kami beri nama Labpy melakukan beberapa perubahan strategi dan produk. Yang alhamdulilah walaupun berjalan sedikit lambat tapi Sudah mulai memperlihatkan progresnya. Projek ini sudah memakan waktu riset bertahun-tahun dan mengalami perubahan strategi yang awalnya ditujukan untuk membuat buku-buku anak dan sekarang berevolusi menjadi salah satu pembuat stiker dan planner.

Harapan kami ditahun depan adalah bisa menambah akuisisi calon customer baru dan membuat beberapa produk yang nantinya bisa di terima dipasar dengan lebih baik lagi. Semoga saja.

Menambah Income Tahunan

Untuk yang satu ini, saya selalu memasukkannya menjadi salah satu rencana yang mau tidak mau harus terus diprogres. Saya ingat dulu teman saya berkata begini “jadilah seperti meja punya empat kaki bi, jika kaki satunya patah masih ada 3 kaki lainnya yang akan menopang meja tersebut” dan ini benar adanya. Apalagi semakin tahun pemikiran kita akan semakin realistis dengan kehidupan.

Rencana saya selain menjalankan bisnis adalah menambah side hustle seperti menerima lebih banyak proyek di bidang digital dan sejenisnya. Selain bisa menambah income, cara ini juga adalah cara untuk menambah jam terbang dan value diri dimasa depan. Intinya harus berani lebih baik dari tahun ini.

Menata Rencana Keuangan

Tahun ini sebenarnya saya dan istri sudah mulai merapikan arus kas keluarga kecil kami. Agar lebih terkontrol dan terarah dengan baik. Walaupun masih cara yang sangat basic seperti mulai memisahkan rekening untuk kebutuhan hingga beberapa planning berjangka Panjang lainnya. Kalau aku Bersama istri bilang istilahnya “Bersama Melangkah Untuk Lebih Baik”

Tahun depan saya berharap bisa membangun fondasi keuangan yang lebih baik dulu. Seperti target dana darurat yang masih 50% dari target kami. Semoga terwujud 100% ditahun depan.

Masa Depan Yang Dinamis

Dalam mengadapi masa depan yang dinamis dan tak pasti tentunya kita butuh meluangkan waktu untuk melakukan perencanaan. Salah satunya adalah mempersiapkan proteksi dan mengecilkan resiko ketidak pastian dimasa depan. Kalau dari yang dulu saya tangkap di salah satu pengisi di seminar keuangan dulu yang mengatakan salah satu bentuk proteksi itu adalah asuransi. Asuransi digambarkan sebagai payung untuk instrument-instrument keuangan yang sedang kita rencanakan.

Bicara mengenai asuransi, ada salah satu asuransi yang saya baru dengar namanya, yaitu Tugu Insurance, jujur ini pertama kalinya saya mendengar asuransi ini. Karena penasaran, saya langsung nyari info seputar asuransi ini.

tugu.com

Ketika mengetik di google dan membuka websitenya. Pengalaman pertama yang saya rasakan adalah desain yang sangat menarik perhatian, Kesan modern muncul dari landing pagenya dengan desain yang sangat simple dan modern. Saya berpikir hanya saya saja yang belum tahu mengenai asuransi ini? Hehe. Akhirnya saya melanjutkan pencarian di website dan berikut saya rangkum Kembali buat kamu. Jika kamu sama penasarannya dengan saya kamu bisa angsung eksplore webnya disini.

Apa Itu Tugu Insurance

Resource : CNBC Indonesia

Menurut yang saya dapatkan di laman tugu insurance, Tugu Insurance merupakan perusahaan asuransi umum yang berkantor di Jakarta. Tugu Insurance memiliki ruang lingkup kegiatan di lingkup dan sektor industri yaitu Energi, Kebakaran & Properti, Kelautan, Penerangan & Satelit, Rekayasa, Kredit & Penjaminan, Tanggung Gugat, dan Kesehatan. dimana Tugu Insurance ternyata bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar di Indonesia dan Sejak 28 Mei 2018, Tugu Insurance efektif terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Sejauh ini Tugu Insurance memiliki cabang dibeberapa kota di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Semarang, Pekanbaru, Bandung, Palembang, Cirebon, Medan, Lampung, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Hongkong.

Cabang Tugu Insurance

Selain untuk korporasi, Tugu Insurance juga memiliki asuransi untuk perseorangan atau disebut juga dengan retail. Berikut beberapa pilihan yang bisa kamu pilih untuk asuransi perseorangannya.

Hal menarik lainnya yang saya dapatkan dari Tugu Insurance ini adalah mereka juga memiliki Aplikasi yang bernama tDrive yang akan memudahkan kita dalam klaim asuransi kendaraan dan kebutuhan seputar asuransi. Seperti gambar yang saya lampirkan di bawah ini.

Gimana? Menarik juga kan? Kalau kalian masih penasaran dengan Tugu Insurance ini, kalian bisa langsung klik websitenya di tugu.com.  atau langsung kontak ke Hotline 24 jam Tugu Insurance dengna nama layanan Call Tia 24 di nomor 1500 458. Lebih lengkapnya kamu bisa cek gambar dibawah ini.

Kontak Tugu.com

Memilih Asuransi Untuk Pemula

Untuk melengkapi postingan ini saya ingin memberikan beberapa tips untuk kalian yang sedang mempertimbangkan untuk memilih asuransi, yuk simak!

Lihat Track Record Perusahaan Asuransi

Sebelum memilih asuransi, ada baiknya kita melihat track record dari perusahaan asuransi yang kita minati. Kita harus memastikan apakah keuangan perushaaan asuransi tersebut stabil, bisa dipercaya atau tidak. Untuk lebih lanjut kamu bisa mengecek perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum. Dan kamu bisa mencari info lainnya di berbagai kanal media, blog dan sosial media.

Memilih premi asuransi sesuai dengan kemampuan finansial

Walaupun kadang paket yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi sangat menarik, kamu juga harus mempertimbangkan kemampuan finansial kamu sebelum memilih dan menyetujuinya. Alasannya adalah agar kedepan kamu tetap bisa bertransaksi dengan baik dalam pembayaran polish asuransinya.

Jangan menunda membeli asuransi

Jika kamu sekarang masih muda, maka jangan tunggu hingga usia 40an atau 50an untuk bergabung diasuransi. Kalau saya tidak salah, semakin tinggi usianya harga premi yang ahrus dibayarkan juga semakin mahal. Jadi mumpung masih muda kamu bisa membeli asuransinya sekarang.

Produk asuransi sesuai kebutuhan

Terdapat banyak sekali produk asuransi yang beredar saat ini, mulai dari asuransi Kesehatan, jiwa, Pendidikan hingga kendaraan. Pastikan kamu memilih produk asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan kamu. Jangan nanti kamu malah memilih fitur tambahan yang sebenarnya kamu tidak butuh.

Nah itu dulu Catatan menjelang akhir tahun, melangkah untuk lebih baik. Semoga kamu mendapatkan manfaat ya!. Jika kamu ingin bertanya atau memliki pengalaman seputar pembahasan di atas jangan sungkan untuk komen. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. See ya!

This Post Has 28 Comments

  1. Vita Pusvitasari

    Bener setuju dengan SMART ini..semoga 2021 keuangan dan perekonomian pulih ya..jadi semuanya bisa happy dan tak kesusahan seperti 2020 efek pandemi..

    1. hairil

      aminn mbak semogaa ekonomi semua orang bisa menjadi lebih baik di tahun depan ya mbak

      1. Menambah income tahunan dan bulanan jadi target tahun depan juga nih. Membuka keran keran rezeki baru, semoga dilancarkan semuanya ya kak…

  2. Diah Woro Susanti

    Duh ketampar deh, baru nyadar, skrg udh desember dan resolusi taun lalu kayanya berantakan

    Makasih mba, siap fokus lagi khususnya menata finansial

    1. hairil

      iya mbak gak berasa sudah di akhir tahun aja ya mbak padahal baru kemrin rasanya mikir mau ngapain di 2020 hehe

  3. Dani Ristyawati

    Aamiin semoga tahun depan bisa menjadi tahun yang lebih baik bagi kita semua dan lumayan tertarik dengan konsep SMART Yang dijelaskan tadi

  4. Setelah membaca tulisan ini saya membuka catatan rencana tahunan dan jlebbb…Ngenes banget rasanya bg, Banyak hal yang melenceng dari rencana. Catatan rencana tahun saya hanya saya buka di akhir tahun dan saya tulis di awal tahun. Yang saya rasakan saat ini ada banyak hal yang tidak tercapai dan ada banyak waktu yang saya buang sia-sia. Semoga tahun depan saya bisa menjadi lebih baik lagi dari hari ini.
    .
    Oh iya, untuk asuransi juga mungkin akan saya pertimbangkan, hanya saja masih bingung memilih mana asuransi yang cocok untuk saya gunakan. Mungkin ada saran ?

    1. hairil

      yess saha. kadang kita ndak sadar ternyata waktu berjalan cepat yaa wkwkw.. tapi tetap komitmen membuat target dan menajalani target ndak apa pelan2 yang penting ada progress kan. kalau asuransi saha kebutuhanya gimana duulu nnti baru cari kekira sesuai kebutuhan apa ndak

  5. Setelah membaca ini saya langsung membuka lembaran rencana tahunan yg pernah saya catet, eh ternyata banyak hal yg benar benar melenceng dg keadaan saya sekarang.
    .
    Banyak hal yg harus saya benahi mulai dari sekarang. Mungkin saya juga akan mulai memikirkan masalah asuransi ini.

  6. Alfin

    Tahun ini emang hambar banget, tapi Alhamdulillah banyak soft-skill yang bisa dipelajari. Semoga tahun depan bisa mewujudkan hal-hal yang belum tercapai tahun ini.

  7. Mechta

    Tak terasa ya..2020 akan segera berlalu. Semoga th depan membawa berkah tuk kita semua. Trmksh sudah diingatkan utk memulai perencanaan..

  8. Utie adnu

    Semoga terwujud ya mas bener banget harus membuat target yang spesifik, terukur, dapat dicapai, sesuai dengan kemampuan agar Tahun depan lebih Naik dari Tahun ini. SMART

  9. Yanti

    Asuransi memang dibutuhkan setiap keluarga untuk proteksi masq depan apalagi asuransi kesehatan jadi bsa ada perlindungan saat kita sakit atau keluarga yang sakit buat resolusi tahun depan sangat pas dijadikan planning

  10. Wiwied Widya

    Baru tau juga nih tugu asuransi.. dan kalau dia sudah terdaftar di BEI segala berarti oke dong ya, punya line bisnis real yang terpercaya juga. Makasi kak infonya, aku coba pelajari lagi ke web tugunya deh.

  11. Ratna Kirana

    Semoga tahun depan lebih baik lagi yaa, memang asuransi penting until keamanan sih hehe

  12. Ann Solo

    kk juga lagi mau menata keuangan tahun depan (rasanya aneh ngomong gini, kyk pengusaha besar aja gue wkwkwkw). walau 2020 ini kayak mimpi buruk semoga 2021 lebih baik lagi untuk kita semua ya

  13. indri

    Buat pemula kayak aku pilih Tugu Insurance kayaknya udah pilihan tepat bgt ya kak apalagi buat rencana ke masa depan nanti

  14. Semoga aja rencana abang dapat terwujud di tahun depan ya Bang, Bismillah!
    Mut pun juga sama

    1. Eni Martini

      Aamiin moga di akhir tahu semua kondisi ekonomi kita mengalami perubahan lebih baik, dan butuh perencanaan sejak dini ya mba

  15. Elvina Yanti

    Semoga segala rencana bisa terwujud dan dimudahkan jalannya ya, Bang. Semoga lapby makin mengudara, uyeayy!

  16. Putri salsabila

    Semoga planing yang tertunda karena covid. Bisa didedikasikan tahu depan AAmiin

  17. Larasatinesa

    Pandemi memang bikin aku jadi tau betapa pentingnya punya asuransi. Boleh dicoba nih Tugu insurance.
    Semoga rencana-rencana tahun depannya berjalan lancar ya kak. Aamiin.

  18. Siti Nurjanah

    2020 sudah hampir berakhir, perencanaan tentap harus ada pun demikian dalam management keuangan harus lebih baik. Dan konsep S.M.A.R.T yang dipaparkan cukup menarik dan relevan

  19. Helena

    aih … penasaran dengan Labpy. Cerita lebih banyak, dong, mbak. Pandemi membuat segalanya harus lebih kreatif untuk bertahan. Tahun yang menarik! Semoga selalu bersemangat menjalani 2021.

  20. asuransi ini memang penting banget sebagai perlindungan di masa mendatang ya Mba
    Aku pun juga ingin mempersiapkan jauhjauh hari agar aman ke depannya.

  21. Faradillah

    Semoga aja rencana abang dapat terwujud di tahun depan ya Bang, Bismillah!
    Mut pun juga sama

  22. Ainhy Edelweiss

    Bagi pemula seperti saya, Tugu insurance emang sangat bagus yah apalagi pelayanan nya bagus, must have insurance di sini

  23. duniamasak

    saya ngiler sama kuenya :9 masa depan lebih cerah dan manis ya aminnn!

Leave a Reply